TUGAS KAJIAN SENI RUPA DAN DESAIN Amanda Keistha | 202146500857 | R4K | Desain Komunikasi Visual | Universitas Indraprasta PGRI

Mitos Dan Pengalaman Estetis dari Lagu.


 

Lagu Oceans & Engines menceritakan tentang kisah patah hati NIKI karena ditinggalkan oleh cinta pertamanya: Linknya sendiri, menerangkan tentang semua keluh kesah NIKI, sehingga kata-katanya seolah tak nyambung dan dapat diinterpretasikan dalam sudut pandang apapun. Namun intinya, alur cerita dilagu ini seolah mengisahkan tentang NIKI yang mau tak mau harus melepaskan cintanya, meski ia tak rela: Pandangan itu diperkuat oleh lirik di bagian reff/chorus yang berbunyi "/W always love you, that's why I wrote you this very last song/Aku kan selalu mencintaimu, itulah sebabnya aku menulis lagu terakhir untukmu. Kata "Ocean/laut dalam judul lagunya bisa bermakna tentang warna biru yang merupakan lambang dari kesenduan dan kesedihan. Sementara kata Engines/mesin bisa bermakna tentang sebuah mesin kapal, sebuah kendaraan yang bisa membuat NIKI melarikan diri dari kenyataan. Jadi kata "Oceans & Engines bisa bermakna tentang NIKI yang berusaha melarikan diri dari kesedihan/kesenduan. Lagu ini juga sangat mengingatkan saya kepada seseorang yang kehadirannya sangat berdampak sekali di hidup saya. Saya pertama kali mendengarkan lagu ini pada akhir tahun 2022, pada saat itu ketika saya melihat lirik dari lagu ini saya merasa biasa saja. Lalu saya mendengarkannya lagi pada bulan Februari, dimana di bulan tersebut saya seperti kehilangan arah tujuan hidup saya. Saya melihat lagi lirik lagu ini dan pada saat itu juga saya menangis dengan perasaan sakit yang sangat hebat karna ditinggalkan orang yang saya ingin terus ajak di setiap momen hidup saya. Sampai pada bulan ketiga saya benar-benar mengerti arti dari lagu ini. Saya menyerah untuk menunggunya kembali datang kepada saya dan memperbaiki semuanya. Sangat banyak pertanyaan yang ingin saya tanyakan padanya, namun pada akhirnya saya memilih untuk mengikhlaskannya pergi jauh dari hidup saya untuk kebaikannya dan untuk kebaikan saya.

Pengalaman estetis, saat saya mendengar lagu ini saya seperti deja vu, saya merasa kembali pada bulan yang sangat menyakitkan itu. Dipertemukan untuk menjadi pelajaran dalam hidup saya bukan untuk menjadi seseorang yang akan selalu berjalan bersama saya. Tapi terima kasih sudah berkenan hadir dan memberi saya banyak pengalaman yang tidak saya duga sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motor Biru Kesayanganku